Thursday, January 14, 2010

guru yang harus dihormati juga

minggu ini gw belajar tentang otot.
dan blok ini jadwal gw padetttt.. tiap minggu masuk lab anatomi.
dan tiap abis masuk lab anatomi pasti seharian itu kepala gw pusing dan lemes.
kebanyakan numpuk racun formalin sih...

seperti biasa, cadavernya ada banyak.
ada 4, 5 apa 6 ya?
di pintu masuk aja udah disambut cadaver.
cadavernya kayaknya yang udah lama deh.
soalnya tulangnya udah kuning, terus dagingnya udah kerassss bgt.malah dagingnya ada yang udah hitam.

terus sambil belajar, gw ngerenung juga.
cadaver, walaupun dia sudah tidak bernyawa, tapi dulunya kan dia pernah hidup.
rata-rata cadaver itu kan diambil dari mayat gelandangan, yang ga punya keluarga.
gw kasian juga sih, gimana ya perasaan arwah si cadaver ngeliat tubuhnya terkoyak-koyak, disentil-sentil ma pinset, ditonton banyak mahasiswa,gw sih kalo jadi arwah cadavernya ga terima tubuh gw diperlakukan kayak gitu.
tapi kalo gw pikir2 lagi ya... cadaver itu jasanya banyak.
kalo ga ada cadaver mahasiswa FK belajar darimana?
dari patung? struktur patung ama yang asli beda banget.
cadaver itu udah berjasa melahirkan banyak dokter.
jadi cadaver itu guru , dan harus dihormati. misalnya apa ya? yaaa.. jangan dimain-mainin.

gw doain deh, semoga arwah cadaver-cadaver tersebut bisa masuk surga.
pahalanya terus mengalir walaupun sudah meninggal.sama kayak amalan wakaf. pahala yang terus mengalir walau sudah meninggal,
karena dia telah mewariskan banyak ilmu kepada kita-kita yang tidak mengerti dan penasaran tentang anatomi tubuh manusia.
aminnnnn,...

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home