Tuesday, June 7, 2011

obrolan amak-amak

ups terminologi baru nih. Amak itu emak dalam bahasa minang. mungkin bahasa sumatra juga kali ya. tapi lebih ke bahasa minang kyknya. *ribet? iya

jadi kemaren itu gw kelaparan malem2, dan mencari makan. liburn udah berakhir. kalo di rumah kan laper tinggal ambil piring. kalo anak kos sih laper ambil duit ccari makan.
karena udah jam setengah 9, dan kalo ke ampera lauk pasti udah habis, gw pun pergi kke ayam KFC jadi-jadian. siluman KFC. tapi enak sih yg deket kampus gw. gw ngambil sepeda, dan gw gowes kesana.

pas disana adaamak-amak lagi ngumpul. berhubung gw punya kuping yang radar gosip gw pun ngupiing. ternyata mereka lagi bicarain anaknya yg mau masuk SMA.

pake bahasa minang. gw subtitle-in deh pake bahasa gaul
"iya.. masa ya jeng si SMA x biaya SPPnya 400 ribu"
"dimana-mana sekolah udah mahal, negerii mahal, udah kyk swasta, nama RSBI, tapi kok biayanya mahal"
"padahal SMA Y lebih murah daripada SMA X. lebih murah pula. lebih bagus pula. kemaren aja nem-nya lebih tinggi drpd SMA X"

dari sepotong obrolan amak-amak, gw gowes sepda pulang. tiba-tiba otak gw kritis. gw mikirin masalah itu.

iya ya, rasanya dunia ini kok ga adil lama2. apakah hanya gelar RSBI aja ya yang bikin mahal itu sekolah. ibarat lu beli merek. misal pas gw belanja di matahari sat potong baju bisa 200 ribu. gw beli di pusat grosir dengan bahan yg ga kalah bagus, enak di badan hanya 50rb. begitu juga sekolah RSBI, padahal menurut gw isi sekolahnya sama2 aja. dulu gw SMA di angkatan gw hanya ada 1 kelas RSBI, gw sih reguler. maap maap yak kalo ada temen gw yg anak RSBI baca ini blog. menurut gw bedany hanya AC, ada komputer, pelajarannya bahasa Inggris, dan sertifikatnya beda.

untuk AC,menurut gw jaman global warming gini loh. mending nanam pohon aja. soalnya dulu kelas gw deket pohon melati, enak sih adem walaupun kadang bau melati kayak gimanaaa gitu.
komputer ya okelah buat ngerjain tugas.
bbahasa inggris? hmmm... bagus sih sebenernya,tapi kalo bagi gw sih kita ini bisa kkok mempelajari secara otodidak. dari lagu, film. apalagii belajar ama bule langsung.
jadi inget waktu itu bbm-an ama kakak gw, tiba-tiba dibales bahsa inggris. "halo tiara, this is patrick's speaking" gw yg ga pernah berhadapan ama bule langsung terdiam. ternyata itu patrick pacar kakak gw yg org jerman,
"mampussss gw ngoomong apa iniii"
dasar the power of kepepet pun gw membalas seadanya. malah jadi chat2 dia curhat sedikit ttg kakak gw. hahaha

baiklah lanjut ke masalah amak-amak tadi.
sekolah harusnya tempat menimba ilmu malah jadi ajang komersil ama gengsi. gw baca di koran, kesannya sekolah kyk gitu justru memberikan sekat kepada sekolah yg biasa aja. memberikan label pada anak di dalamnya. ada kesan hanya org berduit yg bisa masuk sana. btw, gw ga ngiri loh, gw hanya prihatin ama nasib org pinter tapi tidak bisa menikmati fasilitas sekolah hanya karena ga punya uang. padahal toh sama aja, lulus SMA ya ikut SNMPTN. kuliahnya ya di indonesia lagi.

adek gw aja SMPnya pun begitu. SPP 400rb. dulu ya gw skolah di SMP yg sama biaya hanya 25 rb. baru ditinggal 5 tahun kenaikannya udah drastis.
satu semester: 400x6 : 2,4 jt
biaya kuliah gw satu semester : 1 jt
jauh bgt ya bedanya. padahal FK pula, yg kalo di mata org mikirnya mahal, padahal nggak juga.

gw pun juga baca di koran ada anak, pinter bgt , berprestasi waktu sekolah, lulus di institut terkemuka di indonesia. tapi pusing karena biayanya mahal. kasian bapaknya.
herannya sih itu, ampe kuliah pun komersil. mahal bgt. jadi inget dulu pas gw daftar ini itu untuk kuliah, wuih mahal-mahal. puluhan juta, ratusan juta.

pas gw lulus di unand, bayar semua hanya 8 jt. itu untuk ukuran FK udah termurah. ibu gw seneng bgt ampe promosi kemana2.

kembali lagi ke topik semula. ilmu yang harusnya bisa berbuah amal malah jadi ajang komersilisasi. gimana org ga mampu mau ngubah nasibnya dengan pendidikan?kan katanya pendidikan bisa mengubah nasib. pak Ki Hajar Deawntara mungkin lagi nangis di alam sana.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home