Tuesday, May 24, 2011

saat endorphin dan dopamin kembali meningkat

yak postingan kali ini gw akui gw rada2 gendeng alias aneh. ato bahasa gahol abad kininya itu gokil. emang disini banyak penggunaan istilah ilmiah. tapi tolong jangan dimasukin ke otak, ke kepala. karena ini cuma fiksi belaka. ga ada ilmu2 ilmiahnya ama skali. *gw takutnya ada yg nuntut karena ngga ngikutin kaidah ilmiah. sekali lagi, FIKSI belaka. hahaha.

syukur2 cuma gw doang yg tau artinya.

sejak aku di kampus ini gw merasakan adrenalin melemah. ntah ada dimana. ke kampus rasanya fatigue yg berlebihan. anxietas, dan sebagainya. coba aja diperiksa indeks new castle gw. mungkin cocok hasilnya.

tapi secara ga sadar, akhir-akhir ini dopaminku meningkat. endorphinku pun juga begitu. sekresi kortisolku tidak berlebih. memang rasanya menyenangkan. semangatku muncul kembali. terjadi palpitasi, keringat berlebih,yaa rasanya seperti penderita hipertiorid. tapi bedanya gw ga pake goiter.ga pake exophtalmus.

kalo kata dosen gw, ini namanya nervus zero sedang bekerja.terimakasih pak atas titik terangnya.

efek peningkatan endorhin dan dopamin ini tentu saja membuat gw labil.heran gw. kok gw bisa begonya seperti ini ya? gw tau efeknya. gw tau apa resikonya. efeknya tentu saja seperti orang yang mengalami trauma dimana dia memasuki fase pada stress metabolik. fase ebb dan fase flow. gw pun juga begitu. terkadang gw berada di fase ebb. apalagi setiap endorphin dan dopamin ini tinggi. kalo seharusnya fase ebb itu 72 jam paling lama, gw bisa seminggu. persis sekali rasanya seperti fase ebb. kortisol meningkat, glukagon juga begitu. katabolisme di tubuh terjadi besar2an. gw sih katabolisme perasaan kali ya. hahaha. terkadang ketika sudah mulai reda, gw pun memasuki fase flow. waktu gw di fase ini pasti bawaannya pengen makan. seperti pasien yg mengalami fase flow juga harus disokong sama terapi nutrisi.

tapi kalo pasien mengalami fase ebb, trus flow, trus sembuh, gw ngga. gw kayak mekanisme yoyo nya orang obesitas. naik turun, kembali lagi. mungkin ini karena remisi yang tidak komplit.bagaimana prognosisnya? prognosisnya biarlah Allah yg menentukan...

baik, sekian curhatan gendeng gw. kalo gw baca ulang rasanya gw gendeng banget. tapi yaudahlah, emang itu yg terjadi. ini namanya curhatan ala anak kedokteran. hahaha.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home