Tuesday, October 26, 2010

dan akhirnya gempa itu terjadi kembali

sebenernya hari senin kemaren biasa aja. gw bangun pagi-pagi cuma mendung doang.
gw juga cuma melakukan aktivitas kayak biasa, kuliah pagi jam 8. malah gw cabut kuliah pleno loh. ckckck. abisnya topik minggu ini lagi ga asik sih. tentang epidemiologi. berhubung gw ujian hari rabu ya lebih baik gw melototin slide daripada kuliah.
gw cabut main ke rumah evita, tidur bentar 2 jam disana, pokoknya santai-santai lah sambil mandangin slide.

pulang sore pun masi ga ada firasat apa-apa.
gw mandi nyampe rumah, baca slide bentar, becanda ama ayu ama intan bentar terus masuk kamar.
liat hape udah ada sms dari nana yang nanyain kapan gw nginep di tempatnya karena rujaknya mau abis. haha. gw ga bisa nolak iming-iming rujak, tapi berhubung belom makan malem, gw dateng ke tempat nene abis makan malem aja. oya, rumah nene itu persis di depan kosan gw ngesot juga nyampe.

terus jam 8, dengan memakai baju piyama biru polkadot, gw jalan ke rumah nene yang jauhnya tinggal ngesot aja. terus nyampe di rumah nene langsung belajar deh. oya disana ada cicim juga. jadi gini nih, personel rumah nana itu ada yana ama sintut. sedangkan gw dan cicim adalah pendatang yang haus ilmu. hehe.

pas lagi belajar tiba-tiba yana mengendus bau aneh.
"bau apaan nih? kentut ya?" si nana mesem-mesem.
"BAUUUUU " gw ama yana langsung ngacir ke kamar. pas gw mau duduk eh si yana udah keluar lagi.
"ada gempaaaaa"
sdiluar udah banyak tetangga.
gw : "mana gempanya? emang iya ya?"
nana : " ini aja masih goyang ,kali "
gw emang ngerasain kayak diayun-ayun gitu. tapi pelan. gw mikir paling gempanya 4SR ato 5 SR. selama ini kan gempanya segitu-segitu aja. ada gempa yang nyentak gw pikir 6 SR ternyata cuma 4 SR.
abis gempa ya kita masuk lagi ke dalam rumah.

seperti biasa gw mau update status dulu di fb. sebagai orang update harus update setiap saat. hahaha. ternyata ada senior gw yg uda update ama berita dari BMKG yang menyebutkan gempa 7,2 SR di pagai (mentawai) BERPOTENSI TSUNAMI.

ga lama kemudian suara deruman motor udah heboh di luar.
tetangga pada ribut .
"woyyy di TV potensi tsunami. ngungsi ngungsi.."
ica pun nelpon. ica bilang di TV ada peringatan tsunami. katanya sih di RCTI ampe mengheningkan cipta sejenak ada peringatan gempa potensi tsunami. denger-denger sih walikota Padang udah siaran di radio nyuruh warga pada ngungsi. oya, gw lupa. pas gempa ini HUJAN LEBAT. malah sebelumnya hujan badai segala.

yana :"udah.. kita jangan kepengaruh ya buat panik ngungsi. mereka kan ga tau (ga tau kalo pagai itu kan jauh bgt dari padang)"
ehh ga lama kemudian gw denger suara deruman motor kayak org panik. pas gw liat ternyata ada arif ama dika.
arif pun gedor-gedor pintu.
"woyyy ngungsi.. ayo ngungsi . siapin barang2. cepetan yaa"

ya ini nih salah satu bikin panik. udah ujan deres, disuruh ngungsi. tapi gapapa, gw terharu ternyata walaupun mereka (anak2 cowo) udah pada pindah rmah ke atas, masih inget ama kita-kita yang ada di bawah ini.

akhirnya gw yang bener-bener cuma seadanya doang pergi ke rmah anak cowo. boncengan bertiga di tengah ujan bersama heri dan yana. si heri ngebut pula. badan gw udah ngelesot setengah.
gw : "her, jangan ngebut dong! kan ga lucu tewas karena kecelakaan bukan karena gempanya nih"
di jalan banyak bgt org pake tas gede udah siap2 ngungsi juga.

pas nyampe di rumah mereka yang disebut white castle (WC) udah banyak anak cewe ngungsi. rumah mereka luas bgt sih...

2 kamar yang dipake buat tidur ama anak-anak cewe.gw sih uda ga bisa tidur lagi. mana nyokap gw nelpon kayak gw mau meninggal besok (wajar sih, ortu mana yg ga panik?). gw banyak nerima ucapan, dari sms, fb, twitter gimana kabar disana. makasih banyak ya semuanya yang sudah bertanya gimana kabar gw disini. hoho.

anak cowo pun ada yg heboh : "eh, ada sirene tsunami dibunyiin"
tapi ga lama kemudian ada berita dari BMKG kalo peringatan tsunami udah dicabut.

gw gabisa tidur. ada yg belajar buat ujian, ada yg ngobrol. gw sih ga bisa masuk lagi buaut belajar. gw pun tertidur jam setengah 3. baru tidur 15 menit ehh anak2 heboh lagi ada gempa susulan. sekarang gempanya 6,2 SR. sayangnya sensor gempa gw lemah bgt,gw ga bisa ngerasain gempa.

dan paginya pun gw kembali pulang ke kosan. masih dengan formasi yang sama. boncengan bertiga. org2 udah ngeliatin kita yg pulang dengan tas besar dan dibonceng bertiga pula.

gw yg cuma tidur 2 jam, akirnya ngebantai tidur lagi di kamar. mana cuaca padang dingin bgt gara2 ujan. eh, malah gw ga nyadar turun ujan loh gara2 nyenyak bgt tidur.

liat berita sana sini barulah gw tau ternyata tsunami emang ga nyerang padang, tapi nyerang mentawai. saat ini 40 org tewas, 380 org hilang. gw nonton TV ama anak kosan dengan hati yang miris. gimana ngga miris, harusnya peringatan tsunami itu bukan untuk warga padang, tpi untuk warga mentawai. malah warga padang yg heboh ngungsi (termasuk gw).mana mentawai itu setau gw jauh bgt dari padang. naik kapal bisa ampe 10 jam.

tapi dari lubuk hati terdalam mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada penghuni WC yang dengan gagah berani menjemput anak-anak cewe yang menghuni daerah Jati (kalo di peta tsunami termasuk zona kuning, waspada tsunami, jarak 1,2km dari laut). terima kasih penghuni WC....

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home