Friday, October 9, 2009

abis baca perahu kertas

pas gw pulang dari padang, malemnya gw langsung demam.
gw pikir kesambet korban gemba padang makanya gw demam.
memang aneh pikiran gw.
tapi dulu pas jaman kecil gw pernah kesambet di pantai bungus, Padang.
maksudnya bukan ampe gw kesurupan ampe mulut gw berbusa-busa gitu ngga ya.
jadi gw dulu tuh abis jalan2 ke pantai bungus.
trus gw main ombak.
biasaaa anak kecil kan paling demen liat ombak.
trus lama-lama gw keseret ombak.
gw pikir gw bakal mati tenggelem trus jadi dayang putri bunga karang di istana bawah laut( nyi roro kidulnya pantai Bungus, legenda ini emnag ada loh!).
tapi gw berhasil nyakar ban punya orang di sebelah gw dan berenang trus ke tepi laut yg aman.
alhasil gw gajadi deh tenggelem.
ttapi pulangnya gw demam tinggi.
diobatin ga sembuh-sembuh.
kata pak poli, tetangga gw, gw kesambet di pantai bungus.]
mungkin putri bunga karang marah gara2 gagal ngedapetin dayang langka kribo kayak gw ini.hahaha.
trus gw gatau pake ritual apa si pak poli ngobatin gw.
sembuh sih emang abis itu.
kayaknya udah meleset dari topik.haha
iya,kan gw demam abis dari padang.
cuma konyol aja pikiran gw yang ngatain gw kesambet korban gempa.
padahal mah gara2 masuk angin plus kecapean gara2 dagdigdug ama gempa.

iyah, jadi pas gw demam itu gw baca novel.
judulnya perahu kertas, yang ngarang Dewi Lestari.
udah ga diraguin lagi kan kalo dee yang ngarang?
ceritanya?
ah mulut gw berbusa-busa kalo gw cerita disini.
mending pada baca sendiri deh ya.

ceritanya ga jauh2 dari percintaan.
tapi pas gw baca itu loh,
ntah aada perasaan lain yang ngeganjel di hati gw.
tiba-tiba terbayang perasaan waktu itu.
pas jaman indah itu tuh.
semua kenangan itu kebuka lagi satu-satu.
bagaikan film yang diputar, menari-nari di otak gw.
hari gw rasanya anget kalo inget itu.
sedikit perih gara-gara iitu kan ngga mungkin keulang lagi.
tapi gw tersenyum-senyum sndiri.

seberapa jauh ngelangkah,
sebarapa besar usaha untuk melupakan,
seberapa sering mulut mengucap melupakan,
seberapa besar otak memberikan sinyal untuk menghindar,
hati melawan semuanya.
hati menolak perintah tersebut.
karena hati tetap memiliki rasa.
seperti yang dulu.
tetap peduli padanya.
tetap senang bila mengingatnya.
rasa itu sama.
sama ketika di balkot.
sama ketika jalan di pohon yang daunnya lagi gugur,
sama ketika makan nasi ama telor ceplok di atas bukit di malam hari,
sama ketika lagi hujan di taman,
sama ketika kerja bakti di kebun raya,
sama ketika makan di kantin makatahari waktu sore.
sama ketika membuat kesepakatan di altar ketika hujan deras, 2 Desember.
sama ketika pergi menyebrangi pulau,

mungkin apapun peristiwa yang terjadi,
walau otak udah capek ngasih sinyal dan perintah,
hati ini rasanya tetap sama seperti yang dulu.
karna rasa itu sudah tersimpan dalam.


*haaaahhh.legaaaaa

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home