Tuesday, September 8, 2009

menerapkan falsafah

tante Eni sering bgt bilang ama gw,
kalo belajar jadi dokter itu ikutin falsafah confisius, (ato confidus?duhduh.lupa eke)
yang bunyinya kayak gini:
aku lihat, maka aku lupa, aku kerjakan maka aku mengerti,

nah.. 2 hari ini gw udah kuliah.
ada kuliah pengantar.
hari ini gw kuliah pengantar ama dr.Erkadius,
tentang terminologi kedokteran.
banyakkkk.. banget kata dasar yang harus diapal.
malah itu tuh katanya masih sebagian kecil aja. masih banyak lagi yang mesti diapalin.

daripada cuma gw baca bisa lupa,
mending gw ketik aja disini, jadi sekalian inget.hehe.

suffiks diagnostik:

-cele *hernia, tumor,penonjolan,
-emia *darah
-ectasis *perluasan
-iasis *keadaan, pembentukan, kehadiran,
-itis *peradangan
-malacia *pelunakan
-megaly *pembesaran
-oma *tumor
-osis *keadaan, penyakit
-pathy *penyakit
-ptosis *kejatuhan
-rhexis *pecah


sufiks operatif

-centesis *penusukan, puncture
-ectomy *penyayatan, pembuangan, pemotongan
-desis *pengikatan
-lithotomy *sayatan untuk membuang batu
-pexy *pengganungan, fiksasi
-plasty *perbaikan bedah, reparasi plastik
-rhapy *penjahitan
-scopy *melihat
-stomy *pembuatan lobang
-tomy *sayatan ke dalam
-trypsi *penghancuran

suffiks gejala
-algia *nyeri
-genic *asal, berasal dari
-lysis *larut, pecah
-oid *mirip
-osis *peningkatan, keadaan
-penia *kekurangan, penurunan
-spasm *kontraksi bawah sadar

dngan kayak gini smoga aja gw bisa inget..
hehe. banyak bet yang mesti diapalin.

2 Comments:

Blogger NooRi.Eto...Taichou?? said...

hahaha...bow, gw lbih parah lagi..gw belajar filsafat manusia.

Thales, anaximander, anaximenes, Democritus, Heraclitus, Peremides, Hipoccrates, phytagoras, Protagoras, alcmeon , Socrates , pluto, aristoteles...

sekarang, gw belajar ke jaman romawi.agh! sejarah bgt!

trus kalo di psikologi, serba ngetik dan ngetik,,,makanya gw ada pelajaran Logika Dan Penulisan Ilmiah. seru sih,,menjadi manusia yang logis.

gimana kabar? lu cinta monyet ama siapa? hahaha, bener kan kata gw ;p

September 17, 2009 at 7:13 AM  
Blogger Tiara a.k.a Qbow said...

oh.. iye dah, slamat menjalani rutinitas yang segudang man!

kabar?baik2 aja si di padang, banyak makanan.
cinta monyet?? rahasia gw donk itu mah.hehe

September 17, 2009 at 11:14 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home