Thursday, August 13, 2009

MERAH PUTIH! harus nonton!

gw tadinya janjian ama sani ma susuk di skul buat nonton Merah Putih (MP).
ceritanya sih skalian perpisahan gitu dehh.
gw yang ngajakin nonton MP dari jauh2 hari.
soalnya kan hari pas bgt MP baru kluar.
katanya sih seru.
ada adegan bom-bomnya gitu deh.
gw liat trailernya, sambil liatin siapa aja yang meranin.
ternyata ada Lukman Sardi, Doni Alamsyah, Darius (ini dia yang kunanti.haha) ama Zumi Zola (ajib, rfreshing bgt deh gw).
dan gw pun smakin bersemangat buat nonton!hahaha.*ketawa ala mbah Surip.

pas di skul kita ketemu ma putu ma ermy.
akhirnya kita nonton berlima deh.

pas ke boker,itu masih jam stengah 12. mulai filmnya jam stengah 1.
gara2 kita kirain ni film bakalan rame yg nnton kita buru2 beli deh jadinya.
tapi pas gw ngantri buat nunjuk bangku..
oalahhhh sepi tho yoo.
padahal ni kan film bagus.
apa gara2 hari kamis ya?
jadi nanggung gitu harinya buat nonton.

trus stelah kita makan2 dulu, kita pun masuk buat nonton,
ih.. ajib bgt deh filmnya.
jadi critanya tuh gini.
settingnya itu taun 1947(apa '45 ya?lupa)
jadi adegannya dibuka ama sebuah keluarga yang damai adem ayem di sulawesi utara.
trus tiba2 si blanda dateng. blanda ngirain keluarga ini nyembunyiin pemberontak.
padahal ngga. trus udah aja, smua keluarganya ditembakin trus rumahnya dibakar.
nah.. dari balik pohon, si Thomas (Doni alamsyah) ngeliat.
gw ga tau si thomas ini apa hubungannya ama ni kluarga. tapi yg pasti, gara2 itu dia jadi ngedaftar jadi calon perwira.

trus ada juga si Amir(Lukman Sardi).dia ini guru.trus punya istri ayu tenan lah.
istrinya ini hamil.tapi pas si istrinya mau ngasih tau kalo dia hamil, si amir uda ngasitau duluan dia daftar jadi calon perwira.
kecewa deh istrinya. tau donk gimana rasanya ditinggal jauh gitu ama suami? sedih kan?

trus ini dia yang gw tunggu2. si Zumi Zola.hahaha. meni kasep pisan euy ieu jalma!
si zumi zola disini namanya surono. punya kakak cewe namanya senja. kakaknya critanya lagi mengantar kepergian si surono ke tempat calon perwira.

trus trakhir si marius (darius). dia ini priayi jawa yang sombong lah.
suka mabok. dia pokoknya ngerendahin si thomas yang anak petani.si marius juga ngedaftar jadi calon perwira.

trus mereka latian militer bareng lah. pasukan mereka tuh lucu2.
ada si gendut yang suka percaya mistis, ada juga si orang bali yang kalem tapi menghanyutkan. jado banget menn ngelempar pisaunya.

tadinya tuh si marius berantem mulu hobinya ama thomas.
tapi gara2 kejadian pas marius dituduh bawa botol wiski(emang iya dia yg bawa), trus mau dikeluarin dari pasukan, si Thomas malah ngebelain, ngaku2 kalo yg bawa wiski tuh dia.sejak saat itulah si marius ngga pernah nyari ribut ma Thomas.

si marius ini paling ngga becus megang senapan. pokoknya yang ditembak apa yang kena malah apa. meleset jauhlah.
kalo si Thomas orangnya berani bgt lah. mentalnya bagus buat perang.
kalo si Amir bijaksana, jadi kayak bapak ngemong anak ke pasukannya.dia diangkat jadi letnan dua
kalo si surono udah kasep (hahaha.menel ah gw),bijak, suka ngasih smangat, letnan satu pula! oke bangetlah pokoknya!

trus akhirnya ada perang juga.
ketauan deh mana yang mentalnya bgus.
si marius ketakutan. dia takut mati.
si surono mati ketembak. *huaaaaa. kenapa si kasep mati duluan sih? ngga seru ah.
trus si Amir juga takut2 gitu.si Thomas terus semangat pengen ngabisin belanda.
akhirnya ujung2nya, dari sekian banyak pasukan, yang ttep idup cuma Amir, Marius, Thomas, ama orang bali,

tapi gimana akhirnya?
ngga seru kan kalo gw ceritain smuanya.
oya, ini film trilogi loh. jadi kayaknya taun depan tanggal 17agustus bakal ada lanjutannya.yang pasti zumi zola kan ngga maen lagi,oh nooooo!

pokokoknya ini film indonesia action paling kren yg pernah ada.
effectnya bagus bgt. bomnya beneran. kebakarannya api beneran. aktingnya oke, ceritanya juga oke. settingnya ngedukung banget. baju yang dipake senja juga bisa jadi inspirasi buat gaya jadul tuh.effectnya oke bgt deh. soundnya juga oke. trus alurnya keren. bikin deg2an. pas adegan perang rasanya gw jadi ikutan perang. gw aja teriak-teriak pas lagi adegan perang
"iyak! hajar yang di blakang!trus!tembak!"
trus mentang2 ini film perang jangan dikira ngga ada humornya.
ada banyak yang bikin gw ketawa.misalnya pas adegan si marius teriak2 lebay ngirain dia ketembak, taunya cuma keserempet.trus pas ngerebut truk belanda, si thomas ngga ngerti cara ngejalanin truk.
tapi yang gw sayangkan dari film ini adalah masalah bahasa.
kadang2 dialognya ngga jelas, ngga kedengeran, saking cepetnya ngomonglah, saking pelannyalah. mana pake bahasa daerah gitu kan? jadi ada beberapa dialog yang gw ngga mudeng.
trus endingnya itu lohhh. ngga greget.masa lagi adegan klimaks,(mnurut gw), lagi seru2nya, ujug2 ada tulisan THE END.gw ga percaya aja. gw oikir tu tulisan nipu. tapi sayangnya nggak. emang udah beres filmnya.
tapi ya emang namanya juga film trilogi sih. masih ada lanjutannya kan?
gimana nasib istri Amir?
apa anaknya Amir lahir slamet?
apa si senja,kakaknya surono,bakalan jatuh cinta ama Thomas?
yah..tunggu aja lanjutannya taun depan lah ya.

scara keseluruhan,filmnya bagus bgt, ini film wajib ditontonlah, apalagi mau tangga; 17 agustus kan?
mari kita mengenang jasa phlawan kita dan pupuk rasa nasionalisme kita!
MERDEKA!

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home